Kenalan dengan Asuransi BPJS: Anak Muda Udah Harus Tahu!

Kenalan dengan Asuransi BPJS: Anak Muda Udah Harus Tahu!


Di tengah gemuruh era serba canggih dan digital seperti sekarang, berbagai jenis asuransi telah meramaikan panggung kehidupan kita. Tidak dapat dipungkiri, peran yang penting dari asuransi sudah mulai hadir ke setiap aspek harian kita. Seperti payung yang selalu siap melindungi sebelum hujan turun, asuransi bahkan sudah jadi pertimbangan utama bagi banyak individu. Kalau kamu sebagai anak muda dan ingin mulai memiliki asuransi, baiknya kamu kenalan dengan asuransi BPJS. BPJS pasti sudah sangat familiar di benakmu kan? Nah, untuk mengenal asuransi BPJS lebih jauh, yuk simak ulasan berikut ini!

Apa yang dimaksud dengan asuransi BPJS?

Sebelum kenalan dengan asuransi BPJS, kamu harus tahu terlebih dahulu bahwa BPJS adalah jenis asuransi yang dikelola langsung oleh pemerintah. Dengan begitu, BPJS bukan merupakan asuransi konvensional dan merupakan program jaminan sosial dari pemerintah. Lembaga pemerintahan yang mengelola disebut sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Ada 2 jenis program BPJS yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk kamu anak muda yang ingin mulai memiliki asuransi kesehatan yang mudah kamu akses dan kelola, kenal BPJS Kesehatan bisa jadi salah satu pilihan awal kamu. Ini loh yang perlu kamu perhatikan!

Perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa ada 2 program dari BPJS yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Kesehatan sendiri, seperti yang sudah kamu tahu bahkan familiar, yaitu program asuransi pemerintah yang dapat mengcover biaya medis. Dimulai dari pemeriksaan, pengobatan, konsultasi medis sampai rawat inap, bisa dicover oleh BPJS Kesehatan. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan merupakan program asuransi untuk memberikan perlindungan kepada pekerja. Perlindungan tersebut termasuk kepada risiko pekerjaan seperti kecelakaan kerja, cacat, dan kematian.

Kenalan dengan Biaya atau Iuran Per Bulan BPJS

Saat kamu mendaftar program BPJS, kamu akan mulai membayar iuran sebagai bentuk kontribusi finansial kamu setiap bulannya. Besar iuran bulanan yang perlu kamu bayar ini tergantung kepada jenis program dan juga kategori peserta yang kamu daftarkan. Pemerintah sendiri sudah mengatur besaran iuran ini dengan banyak pertimbangan dan keseimbangan yang dibutuhkan juga kemampuan ekonomi masyarakat. Untuk mengetahui besaran iuran tersebut, kamu bisa mengunjungi situs resmi BPJS atau artikel terbaru mengingat besaran atau biaya ini dapat berubah dari waktu ke waktu

Kenalan dengan Cara Membayar Iuran BPJS

Banyak sekali cara untuk membayar iuran BPJS. Jika BPJS Ketenagakerjaan akan dibayarkan dan diurus oleh tempat kamu bekerja, BPJS Kesehatan bisa kamu lakukan sendiri. Kamu bisa langsung datang ke kantor BPJS dengan membawa nomor peserta atau kartu BPJS atau melalui layanan perbankan seperti ATM, internet banking, atau mobile banking dengan memasukkan nomor peserta atau kode pembayaran yang sesuai. Nah kalau kamu ingin lebih praktis lagi, kamu juga bisa bayar secara online melalui situs-situs web resmi BPJS dengan menggunakan kartu kredit, transfer bank, atau metode pembayaran digital. Salah satu metode pembayaran digital yang mudah bisa kamu lakukan di AstraPay lho!

Yuk, Bayar Iuran BPJS Kesehatan pakai AstraPay!

Setelah kenalan dengan asuransi BPJS, sekarang tinggal kamu pertimbangkan penggunaan dan benefitnya buat kamu. Kalau kamu masih bingung cara pembayaran tagihan BPJS, sekarang sudah ada AstraPay yang bisa memudahkan dan bikin kamu sat set bayar tagihan. Selain itu AstraPay juga memberikan CASHBACK HINGGA 20.000 untuk setiap pembayaran tagihan BPJS. 

 

Bersama dengan AstraPay, kamu bisa membuat rekening virtual dan transaksi online jadi lebih gampang dan simpel. Buat kamu yang  suka belanja online atau bayar tagihan, AstraPay adalah solusi terkini yang memudahkan tanpa repot-repot pake rekening konvensional. Cobain fitur-fitur menarik dari AstraPay sekarang juga termasuk bayar iuran atau tagihan BPJS Kesehatan kamu! tinggal klik-klik aja kamu bisa langsung rutin bayar tagihan BPJS! 

 

Simpel, aman, dan keren abis! Yuk, mulai gunakan AstraPay dan tingkatkan pengalaman finansial kamu!