Hal yang sering dilupakan saat mengganti perangkat, yuk simak sekarang!

Tingginya angka penipuan secara digital kian meningkat setiap tahunnya, yuk cek tips di bawah untuk membantumu menjadi lebih waspada:


1. Jika kamu mengganti perangkat, jangan lupa untuk log out. Wah, hal simple yang sering banget dilupakan ini ternyata memiliki dampak yang besar loh! Banyak data pribadi kamu yang dapat diambil melalui aplikasi-aplikasi yang tidak kamu log out.

2. Masih saat kamu mengganti perangkat, jangan sampai kamu meninggalkan notes yang berisi password untuk mengakses sosial media, PIN ATM, PIN dompet digital, bahkan foto KTP. Jika data pribadi kamu jatuh ke tangan yang salah, akan banyak kerugian yang terjadi seperti penyalahgunaan data pribadi, pencemaran data, bahkan penipuan yang mengatasnamakan diri kamu.

3. Rahasiakan PIN kamu dari siapapun.

4. Batasi izin privasi aplikasi yang ada di perangkatmu. Izin ini dapat membuat aplikasi-aplikasi tersebut mengakses berbagai sumber data yang ada di perangkatmu termasuk data diri, kontak, bahkan geolokasi kamu.


Kamu bisa menerapkan langkah-langkah di atas untuk mencegah terjadinya kejahatan digital. Selain itu, kamu juga dapat menghubungi AstraPay untuk informasi lebih lanjut mengenai keamanan privasi akun AstraPay kamu melalui: 


  1. Email: [email protected]
  2. Call Center: 1500793 (operational time 08:00 - 21:00 WIB)
  3. WhatsApp: 081511500793 (message only)
  4. Social Media (IG/FB/Twitter): ASTRAPAYID