Waspada! Kenali Modus Penipuan dan Cara Mencegahnya

Waspada! Kenali Modus Penipuan dan Cara Mencegahnya

Di era digital ini, kemudahan dalam bertransaksi online membawa konsekuensi berupa meningkatnya aksi penipuan. Para penipu semakin canggih dengan memanfaatkan berbagai modus untuk menipu korban dan mengambil alih akun mereka.

Modus-modus Penipuan yang Perlu Diwaspadai

Sebelum melakukan pencegahan, penting untuk Anda mengenali berbagai modus penipuan. Berikut beberapa modus penipuan yang umum terjadi:

  1. Social Engineering: Penipu mengaku sebagai pihak terpercaya (misalnya: AstraPay, Bank, Kurir) dan meminta transfer dana untuk berbagai keperluan (misalnya: booking fee, pajak hadiah, pembelian produk).

  2. Phishing: Penipu mengirimkan tautan (link) dan/atau file APK bertema undangan pernikahan, ucapan hari raya, pembayaran pajak, e-tilang, informasi hadiah/promo, informasi produk, dll.

  3. Hacking: Penipu memanfaatkan celah pada aplikasi dan/atau proses di internal AstraPay untuk mengambil alih akun korban.

Tips untuk Mencegah Penipuan

Setelah mengenali modus penipuan, penting untuk mencegah agar terhindar dari penipuan. Berikut tips untuk mencegah terjadinya penipuan:

  1. Jangan Sembarang Membuka Link
    Pada kasus penipuan phising, pelaku kerap mengirimkan link dan mengarahkan korban ke situs web palsu untuk mencuri data login dan/atau menginstal malware untuk mengambil alih akun. Oleh karena itu, jangan sembarang membuka link walaupun link tersebut terlihat meyakinkan.

  2. Pastikan Identitas Pihak yang Menghubungi Anda adalah resmi dan terverifikasi.
    Ketika mendapatkan pesan yang mengaku dari instansi tertentu, selalu pastikan bahwa nomor telepon, email, atau pihak operator yang menghubungi Anda adalah nomor yang resmi dan terverifikasi. Anda dapat pastikan melalui sosial media dan website untuk memastikan keaslian orang yang menghubungi Anda. Ingat! walaupun mengaku dari instansi tertentu, jangan sembarang memberikan informasi pribadi atau rahasia terutama kepada pihak yang mencurigakan atau tidak dikenal.

  3. Jangan Mudah Tergiur Tawaran Menarik
    Pada kasus modus penipuan social engineering, penipu seringkali mengaku sebagai perwakilan dengan memberikan hadiah dan tawaran penarik. Dalam hal ini, penipu meminta untuk meminta transfer sejumlah uang. Oleh karena itu, jangan sembarang dan langsung transfer begitu saja terutama meminta transfer ke nomor rekening milik pribadi.

  4. Selalu Jaga Kerahasiaan Data Diri Anda.
    Pada kasus modus penipuan hacking, Penipu kerap kali memanfaatkan dengan meminta data diri atau kode OTP untuk mengambil alih akun korban. Oleh karena itu, Selalu jaga kerahasiaan data akun Anda, gunakan kata sandi yang kuat dan unik, dan jangan memberikan kode OTP Anda.

Hubungi Contact Center

Apabila Anda menemukan suatu aktivitas atau transaksi mencurigakan terutama pelaku yang mengaku dari AstraPay, segera hubungi contact center. Untuk informasi lebih lanjut atau bantuan, Anda dapat menghubungi akun resmi AstraPay melalui:

  1. Email: [email protected]
  2. Call Center: 1500793 (Jam Layanan: 08:00 - 21:00 WIB)
  3. WhatsApp: 081511500793 (Hanya Pesan)
  4. Sosial Media (IG/FB/Twitter): ASTRAPAYID

Jangan lupa bantu sebarkan tips dari artikel ini ke orang terdekat Anda agar dapat terhindar dari risiko modus penipuan.